Scroll untuk baca artikel
Berita Nasional

LKPP Luncurkan E-Katalog Versi 6.0, Ini Tujuannya

Avatar photo
36
×

LKPP Luncurkan E-Katalog Versi 6.0, Ini Tujuannya

Sebarkan artikel ini

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) belum lama ini meluncurkan Katalog Elektronik versi 6.0. Namun, katalog elektronik versi terbaru tersebut belum bisa diterapkan di Pemkab Tuban karena masih dalam evaluasi.

Kepala Bagian PBJ Tuban, Anthon Tri Laksono menjelaskan, inovasi terbaru dari e-katalog ini bertujuan untuk meningkatkan performa sistem e-purchasing pemerintah, yang dilakukan oleh LKPP dengan menggandeng PT Telkom Indonesia Tbk melalui unit GovTech Procurement, yang fokus pada layanan transformasi digital untuk pengadaan pemerintah.

“Saat ini, katalog elektronik versi 6.0 baru diterapkan pada lima kementerian/lembaga/pemda, namun untuk Pemkab Tuban saat ini masih menggunakan versi 5.0,” jelas Anthon kepada reporter Diskominfo SP Tuban, Kamis (18/4/2024).

Dia menjelaskan, lima K/L/PD yang menjadi pilot penerapan versi terbaru e-katalog mencakup Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), LKPP, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Ketika ditanya perihal fitur terbaru dari katalog elektronik, Anthon mengatakan bahwa versi terbaru dari aplikasi tersebut memberikan kemudahan bagi para stakeholder dalam melakukan transaksi belanja pemerintah.

Selain itu, imbuhnya, dibandingkan dengan sistem sebelumnya, pada katalog elektronik versi 6.0 ini memungkinkan masyarakat untuk memantau proses pengadaan pemerintah dengan lebih baik, termasuk harga, spesifikasi produk, dan gambar produk yang dapat dilihat oleh siapa saja. Hal ini tentunya berdampak pada peningkatan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam proses transaksi pengadaan.

“Dengan mendukung tujuan tersebut, tentunya ke depan kami juga akan mengarah ke sana,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

------