Scroll untuk baca artikel
Berita NasionalPresisi

Lepas Tim Mudik INews, Kakorlantas : Kolaborasi Dengan Masyarakat Kunci Keberhasilan Ops Ketupat 2024

Avatar photo
63
×

Lepas Tim Mudik INews, Kakorlantas : Kolaborasi Dengan Masyarakat Kunci Keberhasilan Ops Ketupat 2024

Sebarkan artikel ini

Jakarta- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen. Pol. Aan Suhanan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas tim mudik INews Media Grub menjelang arus mudik-balik lebaran 2024, di gedung I News Kebon Siri, Jakarta Pusat, Kamis (28/3).

“Kita selalu berkomunikasi berkolaborasi dengan seluruh stakeholder terutama dengan Perhubungan, sudah memetakan titik-titik rawan kemacetan, kecelakaan sehingga sudah siapkan skema pengelolaan arus lalu lintas,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

Irjen Pol Aan mengatakan, terdapat titik-titik krusial yang menjadi fokus dalam pengamanan arus mudik-balik, diantaranya jalur tol, pelabuhan dan tempat wisata.

“Tol menjadi primadona masyarakat mudik-balik sehingga kita harus mengelola dengan baik ada beberapa bottlenack di KM 152 pertemuan dari Cisumdau dengan Cipali kemudian di KM 72, dan KM 87 ada bottlenack,” tambah Kakorlantas.

Selanjutnya ia menambahkan, terkait dengan pengelolaan rest area pihaknya sudah berkoordinasi dengan pengelola rest area untuk memberikan batas maksimal selama 30 menit, menghindari terjadinya penumpukan.

“Resta area kita koordinasi karena ini masih menjadi potensi terjadinya perlambatan di titik-titik troublespot untuk mengatur traffic flow-nya kita akan mengatur lamanya masyarakat untuk istirahat di rest area maksimal 30 menit,” tegasnya.

Tidak hanya fokus terhadap rest area, Irjen Pol Aan juga akan menyiapkan skema pengaturan penyebrangan untuk pelabuban Bakauheni, Merak, Ketapang, Gilimanuk, dengan sistem penundaan perjalanan saat dermaga sudah mencapai VC Ratio 0,7 dan akan melakukan pengawalan untuk kendaraan roda dua yang ada di buffer zone.

“Jalur penyeberangan ini juga menjadi titik krusial kita siapkan skema delaying sistem ketika pelabuhan VC Ratio sudah 0,7, untuk kendaraan roda dua kita juga akan kawal dari buffer zone delaying sistem sampai ke pelabuhan,” katanya.

Ia berharap, upaya pengaturan arus lalu lintas selama arus mudik-balik nanti tentu tidak lepas dari keterlibatan masyarakat.

“Upaya kita ini sudah cukup maksimal sudah menyiapkan beberapa skema selebihnya nanti kolaborasi dengan masyarakat sangat menentukan keberhasilan operasi ini mudik ceria penuh makna ini akan tercapai juga,” ujarnya.

Senada dengan Kakorlantas Polri, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan dengan mempersiapkan, survei, koordinasi menjadi amanah dalam melayani masyarakat.

“Karena amanah dari presiden harus melayani dengan baik kami tentu mempersiapkannya dengan teliti melalui suatu survei yang akurat lalu koordinasikan dengan para pihak terutama kepolisian,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dengan memastikan langsung tempat-tempat yang menjadi potensi terjadinya kemacetan diharapkan bisa mewujudkan mudik ceria penuh makna.

“Kami berulang-ulang melakukan memastikan mengunjungi tempat yang potensial terjadi kemacetan dan kita harapkan kita berjalan baik, bahwa kita punya tagline yang merupakan doa mudik ceria penuh makna,” tutup Menhub.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

------