Scroll untuk baca artikel
News

BMKG Ingatkan Warga Riau Waspadai Hujan Petir di Sore hingga Dini Hari Ini

Avatar photo
78
×

BMKG Ingatkan Warga Riau Waspadai Hujan Petir di Sore hingga Dini Hari Ini

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan warga untuk mewaspadai hujan lebat disertai petir yang diprediksi akan melanda sebagian wilayah Riau pada sore ini, Jumat (22/3/2024) hingga dini hari nanti.

“Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Kampar dan Pelalawan pada sore, malam dan dini hari,” kata Forecaster BMKG Pekanbaru, Putri Santy S.

Dimulai pada pagi hari ini, udara di Riau terpantau kabur, namun cerah berawan. Juga berpotensi hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar.

Lalu, pada siang hingga sore harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Kampar, dan Rokan Hulu.

Kemudian, pada malam harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Siak, Pelalawan, Kampar, Bengkalis, Indragiri Hulu dan Pekanbaru.

“Hingga dini harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi, Siak, Pelalawan, Kampar, Bengkalis, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Dumai dan Pekanbaru,” jelasnya.

Saat ini, suhu udara berkisar antara 23 hingga 33 derajat Celsius, dengan kelembapan udara mencapai 55 hingga 98 persen, serta angin bertiup dari arah Barat Laut ke Timur dengan kecepatan antara 10 hingga 30 kilometer per jam.

“Untuk prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter (Rendah),” jelasnya.

Selanjutnya, total titik panas (hotspot) terbaru pada pukul 23.00 WIB di wilayah Sumatera mencapai 127 titik, dengan rincian Bengkulu 20 titik, Jambi 5 titik, Sumatera Barat 66 titik, Kepulauan Riau 23 titik, dan Riau 13 titik.

“Di antara daerah-daerah di Riau, terdapat juga titik panas di beberapa Kabupaten Kepulauan Meranti 6 titik, Pelalawan 2 titik dan Siak: 5 titik,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

------