Scroll untuk baca artikel
News

Dihadang Gelombang Tinggi, Hampir 100 Warga Sumenep Tertahan di Pelindo III Kalianget

Avatar photo
98
×

Dihadang Gelombang Tinggi, Hampir 100 Warga Sumenep Tertahan di Pelindo III Kalianget

Sebarkan artikel ini
Pelabuhan Kalianget Sumenep/Istimewa.

Sumenep, POLICELINE.ID— Hampir seratus warga Masalembu Kepulauan Sumenep menjadi keganasan cuaca ekstrem di perairan Sumenep yang belakangan melahirkan gelombang tinggi dan kerap menghantui jalur laut.

Awal pekan kemarin, tepatnya Senin (18/3) hampir seratus warga Masalembu hendak menuju pulau Masalembu dengan menaiki Kapal Sabuk Nusantara 92. Namun kapal itu terpaksa kembali setelah dihadang gelombang tinggi.

Edy Suprayitno Kepala Bidang Penanggulangan dan kesiapsiagaan BPBD Sumenep dihubungi wartawan sebelum mengaku bergerak cepat memberikan bantuan kepada penumpang KM Sabuk Nusantara 92.

Menurutnya, ada 75 selimut yang diberikan kepada puluhan penumpang kapal yang merupakan warga dari Pulau Masalembu yang tertahan di Pelindo III Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“BPBD memberikan bantuan yang memang dibutuhkan oleh warga yang saat inj tertahan di Pelabuhan (Kalianget),” demikian Edi Suprayitno Kabid Bidang Penanggulangan dan kesiapsiagaan BPBD kepada wartawan di Sumenep.

Edi merinci keterangannya, bahwa jenis bantuan yang diberikan pihak BPBD Sumenep menyesuaikan dengan bantuan yang diberikan melalui instansi lain seperti konsumsi menjadi ranahnya Dinas Sosial. Sedangkan dari pihak Baznas memberikan bantuan berupa tikar.

Sedangkan BPBD, lanjut Edi memberikan bantuan penumpang yang tertahan di Pelindo III berupa selimut, yang tidak tercover oleh pihak OPD yang lain dilingkungan Pemkab Sumenep.

“Intruksi bupati semua instansi terkait harus turun, jadi Dinas Sosial, Baznas dan BPBD berbagi tugas memberikan bantuan kepada warga yang tertahan akibat cuaca yang kurang baik,” imbuhnya.

Sesuai data dari Tagana, jumlah penumpang yang tertahan di Pelabuhan Kalianget itu tidak sampai 100 orang, yang merupakan warga Kepulauan Masalembu, yang sehari sebelumnya telah naik ke atas kapal Sabuk Nusantara 92. Namun akibat terjangan gelombang tinggi kembali lagi ke Pelindo III Kalianget, Sumenep. [Ferry Arbania]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

------