Scroll untuk baca artikel
Berita Nasional

Menkominfo Imbau Masyarakat Terima Hasil Resmi Pemilu 2024

Avatar photo
107
×

Menkominfo Imbau Masyarakat Terima Hasil Resmi Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Menkominfo Budi Arie Setiadi (Istimewa)

POLICELINE.ID- Masyarakat diimbau untuk legowo atau berlapang dada menerima hasil perhitungan resmi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang segera diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk menerima hasil resmi Pemilu 2024 yang akan diumumkan KPU selambat-lambatnya 20 Maret 2024,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, di Jakarta pada Kamis (14/3/2024).

Menurut Budi Arie, Pemilu 2024 telah berjalan dengan baik dan masyarakat di kalangan akar rumput telah menerima hasilnya.

Narasi kecurangan yang muncul dinilai kurang tepat karena seluruh proses pemilu diawasi langsung oleh masyarakat, bahkan bisa langsung mengunduh hasil suara TPS di media sosial dan situs resmi KPU.

“Gimana mau curang semua diawasi masyarakat bisa meng-upload semua hasil setiap TPS. Jadi hemat kami narasi pemilu kecurangan itu tidak tepat jadi tugas kita pemerintah untuk meyakinkan masyarakat bahwa Pemilu itu berjalan dengan baik dan masyarakat pun sudah bisa menerima hasilnya,” tuturnya.

Budi Arie berharap para elit politik bisa segera kembali rukun agar proses rekonsiliasi antara para pihak yang mempermasalahkan hasil Pemilu Serentak ini bisa berjalan dengan baik.

Rekonsiliasi di kalangan elit politik itu dinilai merupakan bentuk harmonisasi karena di tataran akar rumput atau masyarakat luas sudah terjadi rekonsiliasi.

“Saya mengharapkan semoga elit politik kita segera rukun kembali proses rekonsiliasi berjalan dengan baik, Masyarakat dan elit politik bisa Bersatu kembali karena pemilu sudah selesai, jadi kita bersatu kembali untuk membangun dan memajukan Indonesia,” kata Menkominfo.

Senada, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo, Usman Kansong, mengatakan saat ini masyarakat sudah menjalankan aktivitasnya seperti biasa seperti berbuka puasa bersama pada Ramadan, padahal mungkin memiliki pilihan berbeda di Pemilu lalu.

Dia juga mengajak elit politik dan tokoh masyarakat untuk segera melakukan rekonsiliasi untuk menciptakan situasi sosial lebih baik pascapemilu.

“Kami berharap elit-elit juga membantu masyarakat membantu pemerintah, membantu kita semua bagaimana menciptakan iklim situasi sosial yang lebih baik, lebih bersatu dan lebih kondusif lagi pasca-Pemilu 2024,” tutup Usman Kansong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

------