Scroll untuk baca artikel
News

Hari Perempuan Sedunia 2024: Perang dan Krisis Kikis Pencapaian Investasi Kesetaraan

Avatar photo
130
×

Hari Perempuan Sedunia 2024: Perang dan Krisis Kikis Pencapaian Investasi Kesetaraan

Sebarkan artikel ini

POLICELINE.ID– Hari perempuan internasional atau disebut hari perempuan sedunia dirayakan setiap 8 Maret. Perayaan Hari Perempuan Sedunia ini sebagai kampanye tahunan PBB untuk mendorong kesetaraan gender di seluruh dunia.

Pada Jumat, 8 Maret 2024, perayaan Hari Perempuan Sedunia mengambil tema “Invest in women” Accelerate progress” atau berinvestasi pada perempuan untuk mempercepat kemajuan.Hal ini dengan mewujudkan stabilitas ekonomi perempuan dapat membantu mencapai upaya kesetaraan.demikian mengutip dari laman VOA, Jumat (8/3/2024).

Chief of the Economic Empowerment Section di UN Women, Jemimah Njuki menuturkan, tema tahun ini sangat mendesak karena dunia sebenarnya berada di persimpangan jalan yang penting untuk mencapai kesetaraan gender.

Ia mencatat, secara global, hak-hak perempuan semakin terancam dan terabaikan, bahkan di negara-negara yang para pemimpinnya mengira telah mencapai kemajuan. Menurut UN Women, satu dari setiap 10 perempuan saat ini hidup dalam kemiskinan ekstrem.

Studi mereka menyebutkan, sekitar 340 juta perempuan dan anak perempuan, 8 persen dari populasi perempuan dunia, tidak akan keluar dari kemiskinan ekstrem pada 2030 jika tren ini terus berlanjut.

Salah satu agenda Hari Perempuan Sedunia 2024 adalah menerapkan pembiayaan responsif gender, sebuah strategi ekonomi yang mempertimbangkan dan menganalisis beragam kebutuhan setiap orang, termasuk rendahnya investasi dalam layanan penting bagi perempuan dan anak perempuan untuk memastikan distribusi sumber daya yang adil.

Perempuan sering kali menanggung beban terberat dalam tugas mengurus dan siapkan anggaran rumah tangga terutama pada masa kritis, ketika ada peningkatan tekanan pada sistem dan pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

------