Scroll untuk baca artikel
News

Kominfo Newsroom Menjadi Pabrik Konten Terbesar di Tanah Air

Avatar photo
82
×

Kominfo Newsroom Menjadi Pabrik Konten Terbesar di Tanah Air

Sebarkan artikel ini
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria dalam acara Anugerah Media Center 2024 di Trans Luxury Convention Center pada Selasa (5/3/2024) malam/Foto: Agus Siswanto InfoPublik

POLICELINE. Kontribusi berita yang berpartisipasi di kanal Infopublik.id dari 150 media center, kurang lebih sebanyak 8000 berita dan 3000 foto setiap bulannya. Hal itu telah menjadikan Kominfo Newsroom sebagai content factory cukup besar di Tanah Air.

“Jadi, dengan jumlah konten berita dan foto tersebut, kita sebenarnya telah menjadi content factory yang lumayan besar untuk ukuran produksi informasi di Republik ini,” kata Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria dalam acara Anugerah Media Center 2024 di Trans Luxury Convention Center pada Selasa (5/3/2024) malam.

Nezar Patria menambahkan, bisa dibayangkan jika 8.000 berita tersebut diamplifikasi di media online yang ada di nusantara, yang jumlahnya sekitar 44.000 media online, tentu akan luar biasa.

Menurutnya, kekuatan itu perlu kita pikirkan juga, perlu kita renungkan juga, apakah kekuatan itu sudah bisa mengamplifikasi informasi pemerintah.

“Pada kesempatan ini, saya juga ingin mengapresiasi penyelenggaraan Anugerah Media Center (AMC) 2024 dan mengucapkan selamat kepada para penerima anugerah tahun ini. Kiranya capaian ini bisa memotivasi kita untuk terus bekerja keras memenuhi kebutuhan masyarakat atas informasi publik yang faktual dan berimbang,” ujar Nezar Patria.

Dalam acara tersebut Nezar Patria meresmikan secara resmi peluncuran Kominfo Newsroom.

Kominfo Newsroom yang dikelola oleh Direktorat Pengelolaan Media, Ditjen IKP, memiliki tujuh kanal yang terbagi dalam segmentasi media digital berupa portal berita, media audio visual, dan cetak.

Ketujuh kanal tersebut adalah Portal Indonesia Indonesia.go.id, InfoPublik.id, GPR TV, Indonesia Baik, FMB9, Komunika, dan GPR News.

Peluncuran Kominfo Newsroom merupakan rangkaian dari acara Anugerah Media Center (AMC) 2024 dan menjadi acara tahunan yang digelar Kementerian Kominfo.

Penyelenggaraan AMC 2024 memiliki keistimewaan sendiri dibandingkan dengan gelaran tahun-tahun sebelumnya.

Pada AMC 2024 itu diselenggarakan juga bimbingan teknis bidang jurnalistik bertajuk “Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom” atau Jarkom. Secara serentak pada Selasa 5 Maret 2024 pagi akan digelar empat tema Jarkom, yaitu Jurnalisme Data, Mobile Journalism, Media Relations, dan Jurnalisme Pemerintah Ramah SEO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

------