Scroll untuk baca artikel
Politik

Diam-diam PDIP Sumenep Peraih Suara dan Kursi Terbanyak Pileg 2024

Avatar photo
223
×

Diam-diam PDIP Sumenep Peraih Suara dan Kursi Terbanyak Pileg 2024

Sebarkan artikel ini

POLICELINE. Sepanjang sejarah Pemilu Legislatif (Pileg) di Kabupaten Sumenep baru kali ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) berhasil menorehkan sejarah kemenangan dengan perolehan suara yang diperkirakan mencapai 11 kursi DPRD Sumenep.

Estimasi perolehan sementara PDI-P Sumenep sebanyak 11 Kursi, itu artinya melampaui perolehan kursi legislatif Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang selama ini tak terkalahkan. Partai pengusung paslon Anies-Muhaimin itu memperoleh diperkirakan hanya bertahan dengan perolehan 10 kursi, sama persis dengan Pemilu Legislatif pada priode sebelumnya 2019-2024.

Semula banyak pihak meragukan kemampuan Achmad Fauzi selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep dalam membesarkan partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut. Pasalnya, pada Pileg 2019 silam, PDI-P Sumenep hanya bercokol dengan perolehan lima kursi lesgilatif.

Berkat tangan dingin Achmad Fauzi mengantarkan PDI Perjuangan memperoleh 11 kursi pada Pileg 14 Februari 2024. Jumlah yang sangat fantastik.

Selain menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumenep, Achmad Fauzi juga menjabat Bupati yang selama ini dikenal sebagai sosok yang sangat dekat dengan hampir semua komunitas-komunitas baik yang ada di Kabupaten Sumenep mapun jejaring lainnya yang melubar di Jawa Timur hingga luar daerah.

Peningkatan jumlah kursi legislatif dari semula hanya 5 kursi pada Pileg 2019, bertambah secara signifikan menjadi 11 kursi pada Pileg 2024 ini, tentu saja hal itu menunjukkan kepiawaian politik Achmad Fauzi tak bisa lagi dipandang sebelah mata oleh rival politiknya.

Sosok Achmad Fauzi kerap terlihat tenang dan tak jarang mengumbar senyuman meski dalam situasi menghadapi berbagai hantaman politik, itu dilakukan agar komunikasi dengan semua pihak tetap jalan terus, hingga sebagian elit menyebut nya sebagai tanda kematangan Achmad Fauzi dalam berpolitik.

Politisi yang pernah menekuni profesi wartawan tersebut memang layak diperhitungkan. Bayangkan saja, kekuatan PKB di Kabupaten Sumenep dikenal sangat luar biasa karena dipenuhi banyak tokoh besar dari kalangan pesantren. Wajar saja, kalau menjelang Pemilu Legislatif 14 Februari 2024 lalu banyak pihak menganggap mustahil bagi PDI Perjuangan akan mampu mengantongi suara dan kursi terbanyak.

Mungkin benar kata pepatah, air tenang menghanyutkan!. Tentunya saja, keberhasilan Achmad Fauzi sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep memenangkan perolehan suara dan kursi terbanyak bukan sebuah kebetula, namun perjuangan panjang yang sangat melelahkan. Dengan demikian, menjadi sangat memungkinkan bagi politisi PDIP menjadi Ketua DPRD Sumenep priode 2024-2029.

Achmad Fauzi, S.H., M.H. (lahir 21 Mei 1979) adalah Bupati Sumenep periode 2021-2024 dan merupakan politisi PDI Perjuangan. Fauzi juga menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumenep periode 2019-2024.[Ferry Arbania]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

------